Basuki Rahmat, Tanjungpinang 25/9/2020, Bapelitbang Kota Tanjungpinang melaksanakan rapat Focus Group Discussion (FGD) naskah Akademik Ranperda tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Perumahan dan pemukiman Kumuh Kota Tanjungpinang, rapat dipimpin langsung oleh Ruly Friady, S.Sos, M.SI selaku Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Tanjungpinang bersama Sekretaris dan para Kabid serta Kasubbid Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Tanjungpinang.

Ranperda tersebut dilatar belakangi dengan meningkatnya kebutuhan akan perumahan dan pemukiman di Kota Tanjungpinang, kemudian terdapat juga pemukiman-pemukiman penduduk yang sudah usang (tua) pada umumnya dihuni oleh para nelayan yang harus disertai dengan ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai, selanjutnya terdapat okupasi Hutan Lindung Sungai Pulai oleh masyarakat setempat.

Adapun tujuan Ranperda ini untuk mengkaji kelayakan secara akademik atas Perda tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Perumahan dan Pemukiman Kumuh, merumuskan pertimbangan dan landasan Filosofis, Sosiologis dan Yuridis dalam penyusunan Ranperda, serta mengetahui pokok-pokok pengaturan yang perlu dirumuskan dalam menyusun Ranperda tersebut. Atas dasar pertimbangan itu, rapat FGD naskah Akademik ini dilakukan agar dapat merumuskan dan menyusun Ranperda tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Perumahan dan pemukiman Kumuh Kota Tanjungpinang, menurut Ruly Friady, S.Sos, M.SI. (Dh75)