Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd, membuka langsung Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota Tanjungpinang Tahun 2020, di Ballroom Hotel CK Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Rabu (11/3/2020). Turut hadir, Wakil Walikota Rahma,SP , Kepala Barenlitbang Provinsi Kepulauan Riau, Drs Naharuddin M. TP, Ketua, Wakil Ketua, dan Anggota DPRD kota Tanjungpinang, para pejabat Pemerintah Kota  Tanjungpinang, serta perwakilan dari elemen masyarakat di Kota Tanjungpinang.

Walikota berharap, kegiatan musrenbang ini menjadi sarana untuk memperkuat koordinasi dan kolaborasi antar perangkat daerah dan pemangku kepentingan dalam memberikan solusi dan melahirkan perencanaan yang strategis, sinergi dan tepat sasaran. Oleh karena itu diperlukan kecermatan untuk menyusun perencanaan dalam program/kegiatan yang menjadi prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan. Pendekatan kolaboratif dengan berbagai pemangku kepentingan dan penguatan desentralisasi pembangunan kewilayahan serta program-program inovatif untuk membangun kota Tanjungpinang, harus  terus ditingkatkan.

Kepala Bappelitbang Kota Tanjungpinang, Ruli Friady,S.Sos,M.Si dalam laporannya mengatakan musrenbang ini bertujuan untuk menghasilkan kesepakatan yang akan dituangkan dalam rancangan RKPD Kota Tanjungpinang Tahun 2021 yang merupakan kristalisasi dari rencana kerja antar OPD dengan usulan musrenbang kelurahan dan kecamatan serta pokok – pokok pikiran DPRD yang di peroleh dari kegiatan Reses anggota DPRD.

Musrenbang RKPD ini, lanjut Ruli, berlangsung selama dua hari (10-11/2). Untuk sidang kelompok berdasarkan bidang infrastruktur dan pengembangan wilayah, bidang sosial dan pemerintahan, bidang ekonomi, serta bidang pemberdayaan masyarakat dibagi menjadi satu sesi dan telah dilaksanakan pada Selasa (10/3). Sedangkan acara pembukaan dan penutupan dilaksanakan pada Rabu (11/3)," terangnya.

Dalam acara tersebut, Wali Kota melakukan penandatanganan MoU dengan Rektor Universitas Raja Ali Haji (Umrah) dalam rangka meningatkan kualitas SDM untuk mendukung pembangunan di bidang sains dan teknologi, serta pengembangan potensi daerah kota Tanjungpinang.

Acara juga dirangkaikan dengan pemberian penghargaan bagi kecamatan dan kelurahan terbaik pelaksanaan murenbang tahun 2020. Tiga kelurahan terbaik dalam pelaksanaan murenbang yakni kelurahan Dompak, Air Raja, dan Kamboja. Sementara kecamatan yang meraih predikat terbaik adalah kecamatan Tanjungpinang Timur.