Cetak
Kategori: BERITA
Dilihat: 130

Mulai hari ini Senin, tanggal 20 Januari 2020 Kelurahan se Kota Tanjungpinang mulai menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kelurahan sebagai bagian dari proses perencanaan tahunan yang bersifat bottom-up. Musrenbang perdana di lingkungan Pemko Tanjungpinang tahun 2020 ini dilaksanakan di Kelurahan Tanjungpinang Kota Kecamatan Tanjungpinang Barat yang dibuka langsung oleh Walikota Tanjungpinang H. Syahrul. Musrenbang tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Kelurahan Tanjungpinang Kota yang baru diresmikan pada akhir tahun 2019 lalu.

Musrenbang Kelurahan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Bappelitbang, Camat dan Lurah Tanjungpinang Kota, perwakilan OPD Kota Tanjungpinang. Forum RT/RW serta pemuka masyarakat, alim ulama, organisasi kemasyarakatan, media cetak dan pers, kaum cerdik pandai di Kelurahan Tanjungpinang Kota.

Dalam sambutan dan pengarahannya, Walikota Tanjungpinang H. Syahrul menjelaskan tujuan penyelenggaraan musrenbang kelurahan tersebut antara lain untuk : membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan kelurahan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kelurahan; membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kelurahan; dan menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kelurahan berdasarkan tugas dan fungsi perangkat daerah kota.

H. Syahrul juga menyampaikan yang menjadi Thema Musrenbang Kelurahan dan Kecamatan Tahun 2020 untuk Penyusunan RKPD Tahun 2021 Adalah “Pengembangan Pusat Kebudayaan Melayu dan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia”,  dengan Arah Kebijakan Pembangunan Kota Tanjungpinang tahun 2021 yaitu:

  1. Pengembangan pusat kebudayaan melayu;
  2. Penyelenggaraan event seni budaya melayu tingkat nasional;
  3. Peningkatan sarana dan prasarana paud dan pendidikan dasar;
  4. Peningkatan fasilitasi akreditasi sekolah paud dan pendidikan dasar;
  5. Peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan;
  6. Peningkatan promosi perilaku hidup bersih dan sehat;
  7. Peningkatan kompetensi petugas kesehatan;
  8. Peningkatan sarana prasarana rumah sakit dan puskesmas;
  9. Peningkatan pelayanan kb metode kontrasepsi jangka panjang;
  10. Pengembangan smart people dalam menunjang pengembangan smart city;
  11. Peningkatan koordinasi pemenuhan hak perempuan dan anak;
  12. Peningkatan kualitas pelayanan lembaga perlindungan perempuan dan anak; dan
  13. Peningkatan kompetensi pelatih dan pembinaan atlet terutama pada cabang olahraga prestasi.

Agenda pelaksanaan Musrenbang Kelurahan untuk Penyusunan RKPD tahun 2021 untuk Kelurahan lainnya dijadwalkan akan dilaksanakan selama 9 (sembilan) hari kerja yaitu pada tanggal 20 s.d 30 januari 2020. Dan kemudian selanjutnya bersinambung dijadwalkan kegiatan musrenbang Kecamatan selama 2 hari pada tanggal 5 dan 6 februari 2020.

Di akhir sambutannya H. Syahrul berharap agar pelaksanaan musrenbang kelurahan ini dapat menyusun kesepakatan mengenai kegiatan prioritas, sasaran, yang disertai target dan kebutuhan pendanaan dalam daftar prioritas tahun 2021. Tentunya masukan-masukan yang disampaikan oleh setiap pemangku kepentingan dalam musyawarah ini merupakan masukan yang berharga untuk melakukan perbaikan dan penyempurnaan kinerja dalam pelaksanaan kegiatan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat di waktu yang akan datang.